Bubur ketan hitam tak sulit dibuat tetapi banyak yang gagal membuatnya. Berikut ini cara membuat bubur ketan hitam yang lembut legit dan lezat.

Salah satu jenis bubur manis yang populer dan disukai banyak orang adalah bubur ketan hitam. Meskipun hanya merebus ketan hitam dengan air, ternyata banyak yang gagak membuatnya.

Tekstur ketan hitam yang keras dan terlalu kental. Rasanya kurang lembut dan pulen. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan saat membuat bubur ketan hitam, seperti berikut ini.

1. Pilih jenis beras ketan hitam yang tepat

Di pasaran ada 2 jenis beras ketan hitam. Beras ketan hitam yang belum disosoh kulit luarnya. Warnanya ungu kehitaman dan jika diraba terasa keras kulit luarnya.

Jenis yang lainnya adalah beras ketan yang sudah disosoh. Warnanya ungu muda dan jika diraba teksturnya seperti beras ketan putih, tak terasa keras kulit ari.

Sebaiknya pilih jenis beras ketan hitam yang sudah disosoh tetapi jangan terlalu bersih. Pastikan tak ada campuran beras ketan putih. Jenis beras ketan hitam ini akan lembut pulen saat matang.

2. Rendam air dingin

Sebelum dimasak, cuci beras ketan hitam seperti mencuci beras biasa. Bisa beberapa kali lalu tiriskan. Selanjutnya rendam beras ketan hitam ini dalam air dingin hingga seluruhnya terendam.

Biarkan beras ketan hitam ini terendam air dingin 1-2 jam. Tujuannya agar tekstur beras ketan menjadi lunak sehingga lebih cepat matang dan empuk saat direbus. Sebelum dimasak, tiriskan beras ketan dari rendaman airnya.

3. Tambahkan daun pandan

Didihkan air secukupnya, tergantung jumlah beras ketan. Masukkan beras ketan hitam dan tambahkan 1-2 helai daun pandan yang sudah dipotong-potong. Rebus dengan air kecil hingga beras ketan lunak.

Selain daun pandan, bisa juga dipakai vanili bubuk sesuai selera. Untuk memberikan sedikit aksen rasa gurih, tambahkan sedikit garam.

Sebaiknya tambahkan gula pasir saat beras ketan sudah lunak dan masak hingga gula larut. Aduk sesekali hingga airnya menjadi lebih kental.

4. Saus Santan

Bubur ketan hitam paling cocok dimakan dengan saus atau kuah santan. Untuk mendapatkan saus santan yang gurih enak, gunakan santan kelapa segar.

Sebaiknya pakai santan dengan kekentalan yang sedang. Rebus santan bersama daun pandan dan sedikit garam agar rasanya gurih enak.

5. Resep Bubur Ketan Hitam

 

Total Waktu Penyajian : 60 Menit
Untuk Penyajian : 8 Porsi
Judul Resep : Bubur Ketan Hitam
Kategori : camilan
Masakan : bubur manis
Durasi Persiapan : 30 Menit
Durasi Masakan : 30 Menit
Total Durasi : 60 Menit

 

Bahan :
  • 1 kg beras ketan hitam yang sudah disosoh
  • air secukupnya
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong
  • 1 sdt garam
  • 250 g gula pasir
  • Saus Santan:
  • 750 ml santan kelapa sedang
  • 1 lembar daun pandang, ikat
  • 1/2 sdt garam

 

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam:
  1. Cuci bersih beras ketan hitam lalu tiriskan.
  2. Rendam beras ketan hitam dalam air secukupnya selama minimal 1 jam.
  3. Didihkan air secukupnya dalam panci, masukkan beras ketan hitam dan daun pandan.
  4. Masak dengan api sedang hingga mendidih, aduk sekai-sekali. Setelah beras ketan hitam muali lunak, kecilkan api.
  5. Tambahkan gula pasir, aduk-aduk hingga gula larut.
  6. Masak dengan api kecil hingga menjadi beras ketan hitam lebih kental. Matikan api.
  7. Saus Santan: Masak semua bahan hingga mendidih lalu angkat dan dinginkan.
  8. Sajikan bubur ketan hitam dengan Saus Santan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *