Jika pencinta seafood, kamu pasti sudah tidak asing dengan rasa ikan yang satu ini, deh. Yap, ikan tuna. Tak hanya dagingnya yang lezat, ikan tuna juga terkenal akan kandungan gizinya yang melimpah.

Salah satu kreasi tuna yang dapat kamu tiru di rumah adalah tuna bumbu kuning. Bahannya yang mudah didapat ditambah rasanya yang lezat, dijamin akan membuat ketagihan.

Resep ikan tuna bumbu kuning berikut ini bisa banget kamu jadikan panduan memasak di rumah. Bumbu nikmatnya meresap sampai ke dalam!

Bahan Ikan Tuna Bumbu Kuning

Bahan utama:

  1. 200 gram ikan tuna fillet, potong sesuai selera
  2. 200 gram kacang merah
  3. 200 gram jamur merang, belah 4
  4. 2 buah cabe merah, iris tipis
  5. 10 buah cabe rawit hijau
  6. 4 tomat hijau
  7. 1 sdm air asam
  8. 1 lembar daun salam
  9. Lengkuas secukupnya
  10. 500 ml air santan

Bahan bumbu halus:

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 kemiri
  4. 2 cm kunyit

Cara Membuat

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun salam dan lengkuas.
  2. Masukkan 500 ml air santan, aduk sebentar. Masak hingga mendidih, lalu masukkan kacang merah.
  3. Masukkan gula, garam, atau kaldu jamur ke dalam masakan. Kemudian, masukkan potongan cabai merah dan cabai rawit hijau utuh. Masak hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, masukkan ikan tuna filet dan air asam. Aduk merata, lalu tutup panci supaya bumbu meresap ke dalam tuna.
  5. Setelah bumbu meresap, masukkan tomat hijau dan jamur merang. Aduk sebentar, lalu koreksi rasa. Ikan tuna bumbu kuning siap dihidangkan.

Tips Memasak

Jika ingin memasak tuna, pastikan untuk mengetahui jenis tuna apa yang akan kamu beli. Tuna yang dijual frozen biasanya adalah tuna yang berasal dari luar negeri dengan warna kemerahan. Sedangkan untuk jenis tuna lokal, beberapa ada yang dagingnya berwarna lebih putih ada juga yang gelap.

Memasak ikan tuna juga diperlukan teknik khusus, seperti tidak boleh dimasak terlalu lama dengan suhu yang tinggi, karena itu akan merusak nutrisinya. Sebaiknya, masak ikan tuna dengan suhu sekitar 80 derajat selama 7-8 menit saja.

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Tuna

Terdapat banyak sekali kandungan gizi pada tuna yang baik untuk kesehatan. Dalam 1 kaleng tuna atau sekitar 165 gram tuna tanpa garam, terdapat beberapa kandungan di dalamnya.

  • Kalori: 191
  • Lemak: 1,4 gram
  • Natrium: 83 miligram
  • Protein 42 gram
  • Besi: 2,52 miligram
  • Magnesium: 44,6 miligram
  • Kalium: 391 miligram
  • Selenium: 133 mikrogram
  • Vitamin B12: 4,93 miligram
  • Vitamin B6: 0,577 miligram

Dari beberapa kandungan di atas, terdapat beberapa manfaat ikan tuna bagi kesehatan, seperti membantu mencegah anemia, mengurangi risiko demensia, menurunkan risiko kehilangan otot terkait usia, hingga mendukung kontrol gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *